Jumat, 07 Oktober 2016

IKLAN YANG MELANGGAR ATURAN

                                                IKLAN MELANGGAR ATURAN



Nama : RETNO RESTIYANA
Kelas : 1EB04
NPM : 26216226
Dosen :  TITI AYEM LESTARI


                  Pemasaran merupakan salah satu urat nadi dalam proses bisnis. Segala macam produksi, output dengan hasil terbaik tidak akan optimal diserap oleh konsumen jika tidak melakukan kegiatan pemasaran. berbagai macam cara dapat dilakukan dalam memasarkan suatu produk. salah satunya yaitu penggunaan iklan.
                 
                    Iklan merupakan satu kekuatan yang dapat digunakan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. penekanaan utama iklan adalah akses informasi dan promosi dari pihak produsen kepada konsumen. Iklan pada hakikatnya merupakan salah satu strategi pemasaran yang dimaksudkan untuk mendekatkan barang yang hendak dijual kepada konsumen, dengan kata lain mendekatkan konsumen kepada produsen. Sasaran akhirnya yaitu barang yang dihasikan bisa dijual ke konsumen secara positif. 
                    
                   Hampir setiap hari kita dibanjiri oleh banyaknya iklan- iklan lewat media massa, baik secara cetak maupun elektronik. Peran utama yang dimiliki oleh iklan yakni sebagai kekuatan ekonomi dan sosial yang menginformasikan konsumen perihal barang dan jasa yang bisa dijadikan sebagai alat pemuas kebutuhan. Dibalik keberhasilan iklan yang mendongkrak suatu produk dalam bisnis, terselip beberapa masalah dalam beberapa persoalan etika ,dalam bisnis etika tentunya sangat diperlukan guna menghasilkan pasar dan persaingan yang sehat dalam dunia bisnis. Secara sederhana dunia etika bisnis dapat diartikan sebagai suatu aturan main yang tidak mengikat karena bukan hukum, tetapi harus diingat dalam praktek sehari hari etika bisnis dapat menjadi batasan bagi aktivitas yang dijalankan. Etika bisnis sangat penting mengingat dunia usaha tidak lepas dari elemen-elemen lainnya.
Serta masalah lainnya yaitu masalah moral. masalah moral dalam iklan mucul ketika iklan kehilangan nilai-nilai normatifnya dan menjadi semata mata bersifat propraganda barang dan jasa demi profit yang semaki tinggi dari para produsen barang dan jasa maupun penyedia jasa iklan.
                     

                     Berbagai permasalahan tersebut yang bersinggungan dengan iklan dan pelanggaran etika  yaitu:

  • IKLAN YANG DITAMPILKAN TIDAK MENDIDIK
                    Beberapa iklan banyak yang tidak memberikan nilai edukasi kepada masyarakat. banyak sekali iklan-iklan yang tidak logis, banyak juga iklan yang menonjolkan seksualitas dan kekerasan dalam penayangannya. sebenarnya iklan tersebut tidak layak untuk ditampilkan.
                    Contoh :
 Iklan diatas sangat tidak mendidik kerena iklan ini seolah olah memperbolehkan anak kecil meminum minuman bersoda. seharusnya iklan tersebut diperagakan oleh orang dewasa,iklan tersebut mengandung unsur suatu produk yang sebenarnya tidak boleh diperagakan untuk anak-anak. iklan tersebut secara langsung menganjurkan untuk meninum minuman bersoda bagi anak-anak. seharusnya iklan tersebut lebih memperhatikan jenis pemeran dalam iklan tersebut sesuai dengan jenis iklan yang akan ditanyangkan atau tidak. bagi pembuat iklan seharusnya berfikir apa dampak jika iklan tersebut dicontoh oleh anak-anak.

Dalam iklan ini seorang wanita sedang menelfon dengan membawa tongkat pemukul bisbol, lalu memukul jam weker yang berbunyi berkali kali. walaupun jam tersebut sudah hancur tetap saja wanita tersebut memukulkan tongkat bisbol tersebut pada jam weker. seorang wanita yang seharusnya bersikap lemah lembut namun disini wanita tersebut menampakan sikap yang brutal dan sadis dalam menghancurkan jam weker
penyedia iklan seharusnya lebih memperhatikan  beberapa adegan yang mungkin akan mempengaruhi banyak masyarakat yang melihat iklan tersebut, terutama untuk anak-anak yang gemar meniru orang dewasa.

, 
iklan produk X, seorang perempuan cantik yang menggunakan baju ketat dengan bergoyang dan berjoged diiringi dengan seorang laki laki. sosok wanita cantik tersebut cendrung digambarkan secara erotis dan sensual. Suaranya dalam menyanyi dan lirik lagunya bermakna ambigu yang menggambarkan isi pesan dari iklan tersebut. Nilai lebih dari iklan X tersebut terdapat dalam alur cerita yang  dibuat menarik karena ada unsur humor di dalamnya. Namun bila diperhatikan lebih seksama, iklan tersebut mengandung unsur sensualitas perempuan karena lebih menonjolkan  keseksian dan kecantikan tokoh perempuan dalam cerita dibandingkan pada kegunaan dari produk X sutra tersebut. Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan  baju yang sangat minim serta belahan yang sangat menonjol. seharusnya iklan tersebut dibuat sesuai dengan kebudayaan di indonesia, lebih mementingkan tata cara berpakaian, adegan dalam iklan dan tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusak moral bangsa indonesia.

"Mula Mula Malu-Malu , Lama Lama  Mau" kalimat tersebut seperti mengisyaratkan akan hal yang condong terhadap hal negatif. dengan didukung model perempuan dan laki laki yang sangat terlihat wajah mereka hampir bersentuhan. iklan macam ini sangat tidak pantas untuk dilihat oleh anak kecil atau remaja karena dikhawatirkan dapat memicu seseorang yang melihatnya cendung kearah hal yang kotor. seharusnya konten tersebut tidak menampakan pasangan muda mudi yang digambarakan dalam iklan, iklan tersebut akan tampak berdampak positif jika menggambarkan rokok itu sendiri.

Iklan salah satu produk mie instan, dalam iklan tersebut digambarkan seorang guru yang sedang mengajar muridnya namun tiba tiba terdapat ayam yang mendarat tepat diatas kepalanya. hal tersebut sungguh keterlaluan, penyedia layanan iklan seharusnya lebih membuat iklan dengan tidak mempermalukan profesi seseorang. hal tersebut amat sangat mudah dicontoh bagi remaja yang mungkin memeliki pemikiran akan meniru adegan di iklan tersebut. menyortir beberapa iklan sungguh sangat diperlukan.






IKLAN YANG DITAMPILKAN MENYERANG PRODUK LAIN
 Banyak produk iklan yang berusaha menjatuhkan produk lain, biasanya produk sejenis. tentunya tindakan ini sangat tidak etis dan tidak seharusnya dilakukan kerena tindakan tersebut merugikan pihak lain.
Contoh :
iklan providerr X(biru) dan iklan provider Y(merah), dalam gambar tersebut salah satu iklan operator Y(merah) menggambarakan seorang objek laki laki menunjuk operator X(biru) dengan menuliskan "Tetangga Sebelah....." iklan tersebut sirat akan sindiran mengenai tarif telfon 0,1 detik. Jelas dalam iklan tersebut dua operator provider saling menyerang mengenai tarif telfon. Seharusnya dalam periklanan, pesaingan yang sehat sangat diperlukan untuk menarik konsumen. Tidak membohongi konsumen atau pengguna layanan.

Iklan antara minuman soda A(merah) dan minuman soda B(biru), dalam iklan tersebut sangat jelas penyerangan antara kedua produk produk tersebut, dikutip dari kata "WHICH TASTES BETTER?" iklan tersebut sangat tidak memberikan edukasi atau hiburan kepada masyakat. untuk menyikapi hal ini, kita sebagai masyarakat seharusnya lebih berhati hati dalam membaca iklan, jangan mudah terpengaruh terhadap iklan  bagi para produsen seharusnya lebih mementingkan nilai edukasi bukan hanya keuntungan semata.   


Fungsi iklan pada akhirnya membentuk citra sebuah produk dan perusahaan dimata masyarakat. iklan yang baik yaitu iklan yang mampu mengandung unsur edukasi, bermanfaat bagi masyarakat.

Berikut ciri ciri iklan yang baik yaitu :
  • Etis : berkaitan dengan kepantasan
  • Estetis: berkaitan dengan kelayakan
  • Artistik: bernilai seni sehingga mengundang daya tarik khalayak


Contoh penerapannya yaitu :
  • Iklan rokok : tidak menampakan secara ekspilsit orang merokok
  • Iklan sabun mandi: tidak memperlihatkan orang mandi secara utuh


Etika secara umum :
  • Jujur : tidak memuat konten yang tidak sesuai dengan kondisi produk
  • Tidak memicu konflik SARA
  • Tidak mengandung pornografi
  • Tidak bertentangan dengan norma norma yang berlaku
  • Tidak melanggar etis bisnis : saling menjatuhkan nama produk
  • Tidak mengandung plagiat

Dalam proses pembuatan iklan harus beretika, agar tidak merugikan masyarakat atau pihak lain bahkan lebih baik bisa memberikan nilai edukasi dan manfaat bagi para pembaca, pelihat iklan. 



https://risnayulianty.wordpress.com/2013/04/11/iklan-di-indonesia-yang-melanggar-etika-periklanan/

https://www.academia.edu/7853891/ETIKA_DALAM_IKLAN_1_










               
               


                     
                     
                       

4 komentar:

  1. Sepotong informasi ini adalah tentang kebiasaan baik dan perbuatan baik dari Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova. Siapa sangka seseorang seperti Adriana Malkova tidak ada sampai saya menemukan salah satu iklan online mereka. Dia adalah malaikat yang dikirim dari atas. Saya Setyono Putro dan inilah yang Adriana Malkova lakukan dia menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain. Saya adalah pemilik bisnis yang menjadi hutang besar dengan Bank dan saya mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman tapi tidak ada yang berjalan dengan baik. Sebaliknya, mereka membawa saya ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan saya 'jadi saat itulah saya bertemu dengan Adriana Malkova. Dia menawari saya pinjaman sebesar Rp 500.000.000 dengan suku bunga 2% bahkan ketika pada awalnya saya takut dia akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang saya coba pinjaman dari, tapi saya terkejut dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menyelesaikan hutang saya dan bisnis saya stabil dengan uang yang tersisa dalam pinjaman. Hubungi Adriana Malkova via e-mail. adrianamalkovaloan@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui e-mail saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: putroholdins@gmail.com

    BalasHapus
  2. Do not use all of these Private Money Lender here.They are located in Nigeria, Ghana Turkey, France and Israel.My name is Mrs.Ramirez Cecilia, I am from Philippines. Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal or business loan?contact Fast Legitimate Loan Approval he help me with a loan of $78.000 some days ago after been scammed of $19,000 from a woman claiming to be a loan lender from Nigeria but i thank God today that i got my loan worth $78.000.Feel free to contact the company for a genuine financial Email:(urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 24-72 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 1 Week?
    Get unsecured working capital?
    Email us:urgentloan22@gmail.com
    Application Form:
    =================
    Full Name:................
    Loan Amount Needed:.
    Purpose of loan:.......
    Loan Duration:..
    Gender:.............
    Marital status:....
    Location:..........
    Home Address:..
    City:............
    Country:......
    Phone:..........
    Mobile / Cell:....
    Occupation:......
    Monthly Income:....
    Email us (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  4. "Thank you for nice information
    Please visit our website unimuda and uhamka"

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com