Jumat, 07 Oktober 2016

PENGANTAR BISNIS

                   PENGANTAR BISNIS


Nama : RETNO RESTIYANA
Kelas  : 1EB04
NPM   : 26216226
Dosen : TITI AYEM LESTARI


A. Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

  • ·       Pengertian Bisnis menurut Hooper
Bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.

  • ·         Pengertian bisnis menurut Prof. L.R. Dicksee
Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
  • Pengertian Bisnis Menurut Businessdictionary
Adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi dimana barang dan jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual keluarannya pada kuantitas tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi, bukan untuk keuntungan pribadi.
           Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.
B. Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis
     Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
  • Perusahaan perseorangan
      Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.
  • Persekutuan
         Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  • Perseroan
         Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  • Koperasi
         Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.
C. FUNGSI BISNIS                                                                                 Adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.


  Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara::

-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi

-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi

-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan

-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

    Pada umumnya tujuan didirikan bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya sebuah perusahaan yaitu :                    
1.    Profit atau keuntungan
2.    Pengadaan barang atau jasa
3.    Kesehjateraan pemilik factor produksi dan masyarakat
4.    Full employment
5.    Esitensi perusahaan dalam jangka panjang
6.    Kemajuan atau pertumbuhan
7.    Prestise dan presentasi                                                                 
D. EKONOMI MIKRO DAN MAKRO                                           Dalam bisnis juga terdapat mikro dan makro ekonomi. Makro ekonomi dan mikro ekonomi adalah dua cabang utama ekonomi. Mikro ekonomi adalah cabang yang berfokus pada bagaimana individu, rumah tangga, dan organisasi membuat sebuah keputusan. mereka mendistribusikan sumber daya yang terbatas, biasanya dipasar yang melihat pedagang barang atau jasa. Ekonomi mikro mempelajari bagaimana keputusan-keputusan ini mempengaruhi umum pasokan dan permintaan untuk komoditas dan jasa. Seperti yang diketahui, pasokan adalah salah satu factor yang menentukan harga yang pada gilirannya menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Mikro ekonomi biasa juga disebut sebagai pandangan “bottom up economy” atau bagaimana orang berurusan dengan uang, waktu dan sumber daya yang tersedia. Mikro ekonomi berfokus pada pasokan dan permintaan dan kekuataan lainnya yang menentukan tingkat harga yang terlihat dalam perekonomian. Sedangkan makro ekonomi adalah cabang yang mempelajari jumlah total kegiatan ekonomi berhubungan dengan masalah pertumbuhan inflansi, penganguran, kebijakan nasional, ekonomi berasal dari inisiatif pemerintah.Contohnya: melihat bagaimana peningakatan dan penurunan ekspor bersih akan memperngaruhi jumlah devisa suatu bunga atau bagaimana GDP akan dipengaruhi oleh tingkat pengganguran

            Lingkungan bisnis  merupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Factor- factor yang mempengaruhi tidak hanya dari internal tetapi juga dari luar. Oleh kerena itu lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi:                                                                                               
1. Lingkungan internal, dipengaruhi oleh :                                                                              
  • tenaga kerja
  • modal
  • material
  • peralatan
  • metode                                                                                                                  


2. lingkungan eksternal, dipengaruhi oleh :  
                                                        
  •  pemerintah
  •   pemegang saham                                                                                                            
  •  public 
  •  perantara  
  •  pesaing   
  •  pemasok 
  •  konsumen


                                                                                                                                                                   Lingkungan Internal Mikro
Lingkungan ekternal mikro adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.

• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan

           
                     Lingkungan Eksternal Makro
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :

      Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.


E. KONSEP BISNIS DAN PROFIT
Menurut Gary Hamel, untuk menjadi revolusioner industri dapat membuat aturan permainan baru di era sulit atau era revolusi harus menciptakan konsep bisnis beserta komponennya. Suatu konsep bisnis di era sulit terdiri dari empat komponen utama yaitu STRATEGI INTI (Core Strategy), SUMBER DAYA STRATEGIS (Strategic Resources), perantara pelanggan(Customer Interface) dan JARINGAN NILAI (Value Network).
Empat komponen utama tersebut dikaitkan oleh tiga komponen jembatan. Antara komponen strategi inti dan sumberdaya strategi dikaitkan oleh komponen konfigurasi aktivitas. Komponen manfaat bagi pelanggan mengaitkan stategi inti dan perantara pelanggan, sedangkan komponen batasan perusaan menjadi jembatan antara sumberdaya strategi dengan jaringan nilai. Dalam model bisnis di era sulit tersebut mencakup empat elemen penentu potensi profit yang terdiri dari efisensi, keunikan, kecocokan, dan pendorong keuntungan.
Komponen utama dari konsep bisnis ini yaitu :
 
1.    STRATEGI INTI
Merupakan inti dari bagaimna suatu perusahaan memilih cara untuk berkompetisi. Unsur- unsur strategi inti yaitu visi dan misi bisnis, cakupan produk, basis diferensiasi.
Visi bisnis merupakan apa yang didingkinkan perusahaan yang bersifat ideal dan misi bisnis merupakan operasionalisasi dari visi bisnis. Visi dan misi bisnis ini akan mengarah pada pernyataan nialai, kehendak strategi, tujuan dan sasaran yang besar dan berani serta semua sasaran kerja. Visi dan misi bisnis  ini memeberi arah dan seperangkat criteria untuk mengukur kemajuan yang dicapai.
2.    SUMBERDAYA STRATEGI
Yang terdiri dari kompetensi inti, aset aset strategi dan proses inti sumberdaya strategis bersifat spesifik dan unik.
3.    PERANTARA PELANGGAN
Mempunyai empat elemen yaitu dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamika hubungan , dan struktur harga
4.    MODEL BISNIS
Jaringan nilai yang mengelilingi perusahaan dan yang memperkuat dan melengkapi sumberdaya  yang dimiliki perusahaan.



     http://erfimarzeli.blogspot.co.id/2015/09/mata-kuliah-pengantar-bisnis-akuntansi_50.html


                                                                 

                                                                                                                                   
                                   
                       

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com